28 December 2020

Ide Berkebun Hidroponik Menggunakan Pipa Air

 
pipa air rucika untuk hidroponik


Beberapa kali aku mengamati sistem perawatan sayuran yang ada di salah satu supermarket. Di bagian dekat kulkas pendingin, ada instalasi pipa air yang dibuat untuk meletakkan berbagai sayuran agar tetap segar ketika konsumen membelinya.

Untuk urusan tanaman gini aku memang bukan ahlinya. Hanya saja di rumah ibuku punya hobi berkebun. Jadinya terus punya ide misalnya ibuku mencoba beralih ke cara berkebun hidroponik gitu mungkin bisa jadi solusi. Saat ini ada sedikit masalah, pemasok pupuk tanah langganan ibuku sering kehabisan stok. Padahal kan tanaman di rumah harus rutin dirawat dan diganti tanah di dalam potnya.

Masa pandemi gini emang semuanya serba sulit ya. Si bapak penjual tanah yang mengandung hara tadi agak susah untuk dihubungi. Mungkin karena sedang tidak punya stok jadinya juga jarang ngider lagi ke daerah rumah kami. 

Padahal di satu sisi, ibuku gemar sekali mencoba menanam sayur-sayuran di rumah. Beliau senang sekali setiap pagi bisa memandang hijaunya tanaman di kebun yang dirawatnya sendiri. 

Trus solusinya gimana?



Berkebun Hidroponik Menggunakan Pipa Air


Sampai saat ini kebutuhan pupuk untuk tanah di rumah kami belum menemukan solusinya. Sementara tanaman yang ada dirawat dengan cara dipotong akarnya yang sudah terlalu 'gondrong' agar tidak memenuhi potnya. 

Agar aktivitas menanam tak berhenti di sini, butuh ide segar dan teknik berkebun yang berbeda dari sebelumnya. Kalau melirik sisa batang sayuran yang dimasak sehari-hari, aku menangkap kerinduan ibu untuk terus berkebun. Sayang sekali ya media tanam menggunakan tanah sedang tidak memungkinkan.

Makanya pas melihat deretan pipa air yang digunakan sebagai rak tempat sayuran segar di supermarket tadi timbul pemikiran nih, mengapa tidak menggunakan pipa dan botol saja sebagai media tanam. Nemu ide tambahan juga ketika membaca di kompas.com, ada informasi tentang aktivitas warga Kebayoran Lama yang bertanam sayuran organik dengan menyusun instalasi pipa air plus botol bekas.

Berkebun hidroponik dengan pipa dan botol, sumber : kompas.com

Sebenarnya pemanfaat limbah plastik sudah rutin dilakukan di rumah kami. Setiap kali ada botol bekas, panci bekas, ember retak, kami pasti mengumpulkannya di gudang. Sudah tahu nanti pasti eyangti (ibuku) bakalan menggunakannya untuk mengembangkan bibit tanaman sebelum memindahkannya ke dalam pot besar.


Ternyata bisa juga ya keberadaan botol bekas ini digabung dengan konsep membuat instalasi air menggunakan pipa. Tapi nggak bisa sembarang pipa deh kayaknya, harus pilih yang tahan terhadap korosi, kuat, bobotnya ringan, serta memudahkan dalam penyambungan dan pemeliharaannya.

Maka aku mulai mencari-carilah jenis pipa apa yang kira-kira cocok untuk digunakan. Browsing sana-sini akhirnya ketemu yang oke di www.rucika.co.id. Pipa Rucika JIS merupakan jenis pipa yang cocok untuk berkebun hidroponik ini. Adapun sambungannya menggunakan pipa uPVC Rucika, dimana keduanya terbuat dari bahan uPVC(unplastized Polyvinyl Chloride), pipa ini banyak sekali kelebihannya dibanding material polimer lainnya.

Sebagai informasi, Rucika JIS ini memiliki standar JIS (Japanese Industrial Standard) yang memiliki safety factor yang lebih tinggi dalam hal ketebalan pipa. Adapun bahannya termasuk kategori ramah lingkungan, terbuat dari bahan plastik yang mudah untuk didaur ulang. 


Baca-baca di web Rucika tentang cara penyambungan pipa ini, ternyata enggak sulit kok. Tinggal mengikuti langkah-langkah penyambungan yang ditulis secara detail di file lampiran khusus pipa JIS ini. 

Nah, setelah pemilihan pipa sudah beres, tinggal tentukan saja tanaman apa yang akan dikembangkan eyangti melalui cara hidroponik. Dari beberapa jenis sayuran dan buah yang sering dikonsumsi keluarga, berikut ini kandidat tanaman yang akan dikembangkan melalui cara hidroponik:
  1. Sawi
    Beberapa kali setelah belanja sayuran hijau yang satu ini, bagian pangkalnya kita buang begitu saja. Ternyata pangkal sawi jika dikenakan kelembaban selama beberapa hari akan mengeluarkan akar lho. Pernah nyobain nih menggunakan gelas plastik bekas kemasan air mineral dan berhasil. 
  2. Kangkung
    Ujung tanaman kangkung yang tidak turut dimasak bisa direndam di air. Nantinya daun akan tumbuh di bagian atas jika kita menyediakan air yang cukup untuk merendam bagian bawahnya. 
  3. Tomat
    Siapa sih yang enggak suka tomat? Sayuran segar yang enak sekali dijadikan lalapan ini bisa juga dijadikan pelengkap berbagai masakan. Untuk jadi bahan sop oke, ditambahkan untuk garang asem bakalan sedap banget, bahkan ditambahkan pada sambal pun tetap jadi favorit. 
  4. Selada
    Sayuran yang satu ini termasuk mudah banget untuk mengembangkannya dengan cara hidroponik. Daunnya yang lebar berwarna hijau muda itu amat menggugah selera ketika dihidangkan di meja makan sebagai pelengkap hidangan. 
Jadi ngebayangin nih betapa bahagianya ketika bisa panen berbagai jenis tanaman di atas dari kebun sendiri. Sebenarnya masih banyak lagi jenis tanaman yang bisa dikembangkan melalui cara berkebun hidroponik menggunakan pipa air ini. 

Teman-teman ada ide tanaman apa lagi yang bisa dijadikan bahan berkebun hidroponik? Boleh berikan saran di kolom komen yaaaa... Thanks. 

48 comments:

  1. Ah iyya akupun tiap liat di supermarket jadi pengin ikut bertanam pakai konsep pipa air, ternyata memang harus khusus ya pipanya biar tahan korosi. Manfaat banget nih infonya..

    ReplyDelete
  2. Asik yaa berkebun hidroponik, beberapa waktu lalu sebelum pandemi aku sempet ikut pelatihan tapi blm eksekusi juga ni di rumah, kayaknya ga begitu ribet ya Mba, skrg yg jual starter kit juga banyak, mau bikin sendiri pake rucika juga bisa yaah

    ReplyDelete
  3. Tetanggaku ada yang pakai pipa gini. Pernah dapat panen pokcoy-nya. Jadi pengen nyoba juga nih

    ReplyDelete
  4. Semoga segera terwujud kebun sayur hidroponik utk Yangti ya.. Kalo di rmh kami, yg hidroponik ada kangkung, bayam, sawi, selada, tomat, terong, seledri, daun bawang, daun mint dan juga Bunga Telang. Silakan dicoba..

    ReplyDelete
  5. Menanam sayuran dengan cara hidroponik memang solusi untuk berkebun. Terus kalau bahan-bahan instalasinya berkualitas kan jadi senang juga melihatnya. Jadi, nggak gampang gonta-ganti juga.

    Pipa rucika emang dabest deh. Buat instalasi air keren. Buat instalasi media hidroponik juga mantul.

    ReplyDelete
  6. Menarik banget emang ide buat bikin kebun hidroponik ini. Aku juga pengen punya kebun kayak gini. kasih tahu pak suami ah, biar bisa segera dibikinin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga segera terealisasi mba Ika.. Iya lho..asyiiik banget rasanya memanen hasil tanaman sendiri..

      Delete
    2. Iya mba Tanti, semoga segera terwujud. Lagi ngerayu pak suami nih biar segera terealisasi. Hihi

      Delete
  7. Ah ide hidroponik emang menarik ya,, tinggal siapin instalasi yang baik trus bakalan sering lihat tanaman sayur seger sepanjang waktu. Aku catat nih merk rucika siapa tahu di masa depan pengen nyoba hidroponik juga untuk bertanam sayur.
    Aku tuh belum pernah berhasil regrow sawi,, pasti ujung2nya busuk. Huhuhu.

    ReplyDelete
  8. Setiap x ke superindo liat selada hidroponik tu pengen banget nyobain di rumah. Seger2 kayanya salurannya juga sehat bebas pestisida ya. Ternyata harus pake pipa yg bagus ya. Rucika memang recommended bgt

    ReplyDelete
  9. Sudah lama penasaran sama tanaman hidroponik, mau nyobain juga tapi ya ragu sama pipanya. ternyata pipa rucika bisa yaa dijadiin medianya. kumpulin niat ah buat eksekusi

    ReplyDelete
  10. Wah, seru ya mbak kyknya bertanam hidroponik..sayangnya aku krg telaten jd blm bisa kyknya untuk saat ini..wah byk bgt ya tanaman yg bisa ditanam dg sistem hidroponik

    ReplyDelete
  11. Pengen nanam kangkung dong saya, sebagai pecinta kangkung, tiap hari makan kangkung juga tak mengapa hahaha.
    Btw Rucika itu memang terkenal deh, kan saya jadi pengen ikutan berkebun hidroponik gara-gara baca ini, apalagi kalau pake Rucika, nyambungnya itu mudah, pas banget dikerjain mamak-mamak kayak saya :D
    kebetulan juga di dekat sini banyak yang jual bibit kangkung, cuman memang medianya aja yang belom ada :D

    ReplyDelete
  12. Mba Uniek, ide berkebun hidroponik pakai pipa air nih mantuuulll banget!
    Ibu mertua saya lagi demen2nya berkebun.
    ntar daku mau crita soal ini ahh ke beliau.

    ReplyDelete
  13. Sekarang, berkebun ala hidroponik memang bukan sekadar hobi saja, tapi juga sekaligus profesi. Jadi alat dan bahan emang jangan sembarang. Harus sekaligus yang berkualitas seperti rucika ini.

    ReplyDelete
  14. Waaah jadi inget dari sebelum pandemi sudah nguyak-uyak suamiku buat bikin hidroponik beberapa tanaman tapi belum berhasil, kayaknya perlu aku sodorin artikel dari Mbak Uniek ini ehehehee kali aja langsung ACC aamiin...

    ReplyDelete
  15. Daun mint katanya bagus juga di hidroponik.

    Metode menanam satu ini memang menarik, kalau buat dikonsumsi sendiri juga cocok 😍 bikin instalasi sendiri pakai paralon rucika keknya oke banget jadinya... Nahloh aku malah bayangin bikin instalasi sendiri πŸ˜€

    ReplyDelete
  16. Aku dulu prnah mau hidroponikan mba, udh beli pipa, tp gak bisa bolongin, gak ada cwo drmh. Yawdalah balik nanem d tanah aja 😭

    ReplyDelete
  17. Perfek ni cara berkebun hidroponik untuk lahan sempit dan sudah jarang lahan tanah. Ah ia, jadi teringat hotelnya AADC 2 yang di Jogja. Rooftopnya dipakai buat jadi lahan hidroponik.
    Kebetulan pula pas ke sana, semua tanaman lagi subur2nya.
    Nyenengin banget lihat yg serba hijau2 dari berbagai jenis sayuran yang ditanam dengan sistem ini. Keren lah Rucika, sediakan produk khusus untuk yang hobi bertanam.

    ReplyDelete
  18. Aku kalo beli selada suka beli yang hidroponik. Lebih awet. Tapi belum cukup nyali buat hidroponik-an sendiri, takut ribet.

    Mungkin harus nyoba pipa Rucika kali ya. Aku search dulu, semoga enggak ribet dan ramah di kantong.

    ReplyDelete
  19. Tetanggaku tuh Mbaknik, sering berbagi sayuran dari kebun hidroponik depan rumahnya, kecipratan sayur organik yang enaak...pipa airnya rucika ya biar awet...

    ReplyDelete
  20. Estetik dan faedah banget ya ini. Bisa jadi ide untuk planting-date kalau tar punya pasangan haha. Artikelnya sangat faedah mba Uniek, keep on writing ♡

    ReplyDelete
  21. Keren banget hidroponik kknya mantap.. Jadi mupeng kalau liat yg hijau hijau seger gtuuu.. Makasih sharingnya mbak siap dicoba dirumah aaahhh

    ReplyDelete
  22. Mentemen aku yang suka hidroponik berbisnis ini, laku banget dia nih udah setahunan selalu meningkat omsetnya.
    hahaaa, aku ga mengerti dan ga telaten ngurus taneman, jadinya belom dapet hidayah buat urus2. Tapi support temen2 aja, kadang ikut masariin jugaa.

    ReplyDelete
  23. aku masih belajar nih mba uniek, sampe join group-group hidroponik di facebook, makin terpukau sama yang udah sukses deh hehe.

    ReplyDelete
  24. saya sudah lama naksir bercocok tanam dengan hidroponik mba, karena saya terus erang ga suka kotor :) tapi kendalanya di rumah ga ada lahan kosong buat naruh pipa2nya

    ReplyDelete
  25. Seneng banget sih mba kalau liat gambarnya gitu, segerrr banget dan pastinya healthy. Dari dulu emang mau bikin hidroponik tapi belum sempet sempet

    ReplyDelete
  26. Wah seneng banget kalau di rumah bisa nanam sendiri tanaman hidroponik ini. Hemat banget uang sayur kita yah bun.. Bikin instalasi pipa gitu kayaknya butuh ilmu juga nih, gak bisa asal-asalan termasuk saat memilih jenis pipanya. Asiknya Rucika punya banyak jenis pipa.

    ReplyDelete
  27. kece nih hidroponik pake pipa paralon yaaa, praktis dan mudah bisa pake pipa paralon yang ada ya, apalagi pipa Rucika nih awet tebel dan tahan lama

    ReplyDelete
  28. Pernah lihat di sebuah kampung binaan. Gemes lihat selada seger2 banget. Sekarang udah ada pipa jadi yg dijual, tinggal dipakai. Tapi halamanku sempit. Alasan ya? Hehee

    ReplyDelete
  29. pokcoy mbak...kalau lihat tanaman ini tumbuh subur dengan cara hidroponik seneng banget. Sepertinya menanam sayuran pakai hidroponik lebih menyehatkan ya, tanamannya lebih bersih. Tapi sepertinya bercocok tanam ini sudah menjadi hobi para ibu2 sambil mencari kesibukan jauh sebelum pandemi...tapi kok saya selalu tidak berhasil bercocok tanam ya...mati duluan sebelum melihat hasilnya hehehe...

    ReplyDelete
  30. Aku lagi senang berkebun nih sekarang mulai pengen pake sistem hydroponic tapi belum sempet bikin instalasi pipa nya....

    ReplyDelete
  31. keren banget cara berkebun hidroponiknya. pengen deh cobain kebun kaya gini. makasi sharingnya mba. bakalan aku cobain nih kapan2.

    ReplyDelete
  32. Kemarin kami juga baru bikin kolam lele, kak...
    Juga pakai Pipa Rucika.
    Aku sampai penasaran, jadi lihat langsung pembuatan instalasinya. Memang menyenangkan yaa...ketika bisa menjalani kegiatan baru.

    ReplyDelete
  33. Cita-citaku nih pengen banget punyabkebun hidroponik tapi belum kesampaian karena keterbatasan lahan huhu. Semoga aja punya rumah baru dan bisa berkebun hidroponik juga.

    ReplyDelete
  34. Aku lagi berkebun sayur juga tapi msh pakai tanah hehe
    Idenya boleh juga nih mbak pakai kyk gini lbh hemat lahan ya. Paling seneng deh kalau bisa menikmati sayur yang dipetik dari kebun sendiri, elbih puas rasanya :D

    ReplyDelete
  35. Keren banget ide hidroponiknya mbak, kalau pesen dari penyedia wadah gitu jatuhnya mahal...tp pake pipa begini pasti lebih hemat jadinya

    ReplyDelete
  36. Hydroponic farming is becoming one of peoples hobby during this pandemic era. Having and using a good quality pipe will definitely help

    ReplyDelete
  37. semenjak hydroponic pake pipa air hits sebenernya aku penasaran banget pengen cobain di rumah hihihi, biar bisa berkebun juga hehehe

    ReplyDelete
  38. aku pernah belajar berkebun hidroponik untuk bayam merah dan bayam hijau, mbak. Trus kayaknya ada daun mint nyempil gitu deh.

    ReplyDelete
  39. Kami pernah merangkai pipa gini buat bikin instalasi hidroponik. Memang lebih irit tempat sih menurutku. Lebih praktis juga untuk urusan pengairan nya. Tinggal pilih pipa yang tepat dan awet aja sih

    ReplyDelete
  40. Udah lama banget pengen bikin instalasi hidroponik dirumah tapi ga keturutan mulu, jadi penasaran pengen nyoba

    ReplyDelete
  41. Sebenarnya udah lama pengen juga punya tanaman hidroponik gini, apalagi lihat puny tetangganya Tanteku tuh subur-subur banget, jadi pengen buat juga di rumah..biar kalau mau masak sayur tinggal petik doang.

    ReplyDelete
  42. Di tempatku kebanyakan juga pemakai rucika mba Uniek, karena memang rucika banyak yang dipake masyarakat. Senang banget ya bisa bertanam hidroponik di rumah. Aku juga masih ingin belajar bertanam, di rumah banyak ayam pak mer belum bisa tanam di tanah hehe ini bisa jadi solusi.

    ReplyDelete
  43. PKK RT kami sudagmh mulai belajar membuat hidropinik di pipa ini mbak. Untuk membuat ibu-ibu belajar mandiri pangan tapi aku yang belum bisa ikutan. Baca ini jadi pengen belajar lagi

    ReplyDelete
  44. Baru bulan kemarin request dibikinin instalasi hidroponik sama pak suami, soalnya berkebun jadi salah satu hobi baruku saat pandemi ini

    ReplyDelete
  45. Kami di desa tanah pupuk kandang bisa beli murah, Mbak. 10 rb sekarang besar. Untuk hidroponik pakai bambu dilobangi. Tapi biasanya bertanam dalam bambu itu juga menggunakan tanah.

    ReplyDelete
  46. Wow, ide yang bagus dengan Paralon. Mau coba ah, siapa tahu bisa terpenuhi sayur mandiri

    ReplyDelete