07 November 2018

Mengapa Harus Berobat ke Penang?

Berobat ke Penang melalui berobatkepenang.com


Pernah nggak sih mendengarkan curhatan teman semacam ini : 

“Ibuku sudah berobat kemana saja, tapi kok belum pulih-pulih juga ya.” 

“Sebenarnya aku tuh sakit apa sih kok dari dokter yang satu dengan yang lain beda-beda analisanya?”

“Duh udah berobat ke rumah sakit mana aja tapi kok nggak sembuh-sembuh sih. Frustrasi rasanya.” 

Berasa pengin tiba-tiba berubah menjadi dokter yang super handal agar bisa membantu teman kita itu. Tentu kita bisa membayangkan betapa sedih dan frustrating saat seseorang telah berupaya maksimal untuk kesembuhannya, namun ternyata penyakitnya tak kunjung reda. 

Beraneka ragam penyakit kini mulai menghinggapi manusia seiring dengan makin tingginya tingkat radikal bebas dan pola hidup yang tidak sehat. Tak hanya yang sudah berusia lanjut saja yang terserang penyakit, kaum muda yang notabene berusia produktif pun kini telah banyak yang mengidap penyakit serius. Gabungan antara kerja keras, kurang istirahat, kurang berolah raga secara teratur dan asupan makanan yang tak menentu komposisi gizinya. 



Pernah mencoba untuk berobat ke luar negeri? 

Ingin tahu lebih lanjut tentang fakta berobat ke luar negeri? 

Fakta yang didapat dari data Malaysia Healthcare Travel Council bahwa tiap tahun ada 500.000 pasien Indonesia yang berobat ke Malaysia, terutama ke Penang. Bukan tanpa sebab kan kenapa banyak orang memilih untuk berobat ke Penang meskipun sudah berobat di dalam negeri. 

Tentu saja ketika kita sakit, entah itu diri kita sendiri, saudara, bahkan orang tua kita, tak mau jika mengalami sakit yang berkepanjangan. Terutama ketika segala ikhtiar telah dicoba. 

Ada beberapa hal yang menjadi alasan utama orang Indonesia berobat ke Penang, di antaranya adalah: 
  1. Diagnosa tepat dan cepat. Hampir semua rumah sakit di Penang menggunakan alat-alat medis yang canggih sehingga hasil diagnosanya bisa akurat dan cepat. 
  2. Profesional dan ramah. Dokter, perawat, bahkan staff rumah sakit memperlakukan setiap pasien dengan profesional dan ramah. Hampir semua dokter yang ada di Penang bisa Bahasa Indonesia, jadi tidak ada kendala saat pasien melakukan konsultasi. 
  3. Biaya berobat terjangkau. Biaya berobat di Penang cukup terjangkau, bahkan hampir sama dengan biaya berobat di Indonesia. Rumah Sakit di Penang juga tidak terlalu merekomendasikan pasien untuk tinggal di rumah sakit. Bila pasien dirasa sehat, makan akan disarankan untuk pulang. 
  4. Dokter lulusan Inggris, Amerika, Australia, atau Singapura. Hampir semua dokter spesialis yang praktek di Penang menempuh pendidikan di Inggris, Amerika, Singapura, atau Australia. Keempat negara ini tergolong maju di bidang kedokterannya. 





Mengapa orang Indonesia berobat ke Penang? 

Ketika memutuskan untuk berobat ke luar negeri, ada tujuan khusus yang ingin dilakukan oleh pasien. Tujuan orang Indonesia berobat ke Penang terutama untuk : 
  1. Mencari second opinion. Sebagian besar pasien yang ke Penang umumnya mencari second opinion terhadap vonis penyakitnya. Biasanya mereka mencari dokter lain untuk diminta pendapatnya dengan pertimbangan adanya rasa tidak percaya terhadap vonis penyakit yang diterimanya. Pasien jenis ini berusaha memastikan apakah vonis tersebut benar adanya. 
    Pada beberapa kasus, kadang ada salah vonis, dan di kasus lainnya vonisnya sudah benar tapi dokter spesialisnya bisa memberikan alternatif teknik operasi sehingga penyembuhan bisa lebih cepat. 
  2. Medical check up. Rumah sakit di Penang rata-rata menyediakan paket medical check up yang lengkap dengan harga yang kompetitif (kisaran 2-3 juta) sehingga banyak peminatnya. Biasanya pasien yang pergi medical check up juga sekalian jalan-jalan di Penang. Tau kan ya kalau Penang itu memiliki banyak tempat wisata dan pusat kuliner.  

Beberapa rumah sakit yang menjadi incaran untuk berobat di Penang adalah sebagai berikut: 
  • Island Hospital. Island Hospital Penang merupakan rumah sakit favorit di Penang bagi pasien Indonesia. Setiap hari ada sekitar 800 pasien Indonesia yang berobat di sini. Saat ini Island Hospital memiliki 50 dokter spesialis full time dan 300 bed, terkenal dalam menangani kasus spine, lutut, mata, dan organ dalam. 
  • Gleneagles Penang. Gleneagles adalah satu dari dua rumah sakit di Penang yang memiliki lisensi JCI, yaitu lisensi yang diberikan apabila rumah sakit telah memberikan pelayanan terbaik ke tiap pasien. Sejak didirikan pada 1973, Gleneagles menjadi rumah sakit rujukan utama untuk kasus kanker, jantung, dan tulang. 
  • Loh Guan Lye Specialist Centre. Loh Guan Lye adalah rumah sakit swasta di Penang yang berdiri sejak 1975. Awalnya Loh Guan Lye didirikan oleh Dr Loh, dokter kandungan, namun seiring waktu Loh Guan Lye penjadi rumah sakit dengan 70 lebih dokter spesialis dari berbagai bidang. Loh Guan Lye terkenal dalam menangani kasus kesuburan (IVF), kasus THT (dewasa dan anak), kasus tumor dan kanker payudara. 
  • Pantai Hospital Penang. Pantai Hospital (dulunya bernama Pantai Mutiara) adalah rumah sakit yang paling dekat dengan bandara Penang, hanya 10 menit perjalanan saja. Pantai Hospital terkenal dalam menganani kasus stroke dan saraf. 
  • Mount Miriam Cancer Hospital. Mount Miriam adalah rumah sakit khusus menangani pasien kanker untuk menjalani kemoterapi atau radioterapi. Rumah sakit ini tidak melayani biopsi atau operasi kanker. 



Mudahkah Berobat ke Penang? 




Suka parno ya saat membayangkan betapa ribetnya prosedur untuk berobat ke luar negeri. Berobat di tanah air sendiri aja kadang bingung banget saat melewati berbagai tahapan prosedurnya. 

Tapi tak usah keder duluan deh. Saat ini berobat kemana pun sudah gampang kok. Apalagi untuk berobat ke Penang, kini sudah ada www.berobatkepenang.com yang bakalan membantu kita dengan cepat dan gratis ketika kita memerlukan berbagai informasi penting terkait persiapan berobat ke Penang. 

BerobatKePenang.com adalah perwakilan resmi dari rumah sakit terbaik di Penang. Seperti yang sudah disebutkan di atas tadi ya, ada Island Hospital, Gleneagles, Loh Guan Lye, Pantai Hospital, dan Mount Miriam. Dan sebagai perwakilan resmi, kita bakalan terbantu sekali saat : 
  1. Membutuhkan rekomendasi dokter. 
  2. Cek jadwal dokter dan membuat appointment dengan dokter. 
  3. Memperkirakan biaya berobat. 
  4. Mengatur jemputan dari bandara Penang ke rumah sakit. 
  5. Transfer uang ke rekening rumah sakit. 


Tak ada orang yang mengharapkan untuk sakit. Itu benar adanya. Oleh karena itu, ketika sakit sedang mendera, bagi kita yang saat ini sedang sehat, apapun yang bisa kita lakukan silakan langsung saja dilakukan. Salah satunya adalah dengan memberikan informasi yang akurat terkait dengan pengobatan. 

Takut harus mengeluarkan biaya ini itu ketika mencari informasi tersebut? 

Beneran GRATIS loh ketika kita berkomunikasi ke pilihan rumah sakit yang telah ditentukan sebelumnya melalui BerobatKePenang.com ini. Teman-teman bisa merekomendasikan situs ini ke orang-orang terdekat yang saat ini sedang membutuhkan pengobatan. Semoga segera sembuh dan teratasi sakitnya yaaaa...

44 comments:

  1. Tidak ada orang yang menginginkan sakit, betul kan mbak? Tapi kalau ada alternatif lain setelah medis di Indonesia kurang sreg bisa dicoba ini, hanya saja perlu melihat biaya transportasi riwa-riwinya itu juga ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali Rani, karena itulah atur perjalanan bisa konsultasi juga ke BerobatKePenang.com ini, ntar dibantu maksimal informasinya.

      Delete
  2. Penerbangan ke penang juga relatif banyak dan terjangkau juga si ya Mbak....
    Saya pernah punya atasan yang domisili di Medan, lebih memilih ke RS Penang kalau berobat daripada ke Jakarta karena faktor ini :)

    ReplyDelete
  3. Kuberharapnya sih nggak perlu sampai sakit dan harus berobat di luar negeri segala ya (ya pastilah ya), karena mau nggak mau mesti faktor biaya juga jadi pikiran. Tapi buat yang butuh dan mampu, bisa jadi salah 1 opsi untuk ikhtiar kesembuhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, semoga kita sehat selalu. Artikel ini semoga membantu mereka yang memang membutuhkannya ya ;)

      Delete
  4. Papah saya akhir-akhir ini kalau berobat juga ke Malaysia. Tetapi, bukan ke Penang. Papah berobat di Kuala Lumpur. Disimpan dulu aja infonya sama saya. Siapa tau dibutuhkan. Terima kasih, Mbak

    ReplyDelete
  5. aku juga banyak baca kalau memang Penang destinasi kesehatan yang unggul ya Mba..beberapa teman baik berobat kanker di sini

    ReplyDelete
  6. Ooh pantesan beberapa tahun belakangan ini banyak temen2ku yg ortunya berobat ke malaysia, ternyata ini alasannya yaa.. Semoga Indonesia kelak bisa punya RS lengkap dg kualitas internasional juga yaa :)

    ReplyDelete
  7. Duuuh kalo ke Penang pengennya plesiiir mba. Tapi bener sih kalo orang Indonesia banyak yang memilih Malaysia, terutama Penang menjadi tempat berobat. Atau paling enggak ya medical checkup. Karena katanya abis medical checkup, kalo ketahuan sakitnya, bisa langsung ditindaklanjuti tanpa cek macam2 lagi kayak di negeri sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah medical check up bisa lanjut wisata kuliner di sana mba ;)

      Delete
  8. Aku kalau ke Penang pengennya sih liburan. Tapi beberapa orang memang lebih suka berobat ke luar negeri karena lebih oke berobat ke luar negeri deh kayaknya. Kalau bahas berobat gini aku jadi keinget emakku yang rutin periksa ke PUSKESMAS dan RSUD. Huhuhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk beberapa case yang super serious, kebutuhan untuk mencari second opinion sangat penting, Farida. Namanya juga ikhtiar ya, pastinya disesuaikan dengan budget yang ada.

      Delete
  9. Aku selalu penasaran loh kenapa pada suka banget berobat ke Penang. Ternyata karena lebih cepat diagnosa dan alat2 lebih lengkap ya.

    Dengan harga nggak beda jauh sama di Indonesia juga jadi perbandingan yaa.. tapi bedanya kalau di sana ada biaya tambahan menginap untuk keluarga sih ya

    ReplyDelete
  10. Adi inget bapaknya temen yang tinggal di Batam. Udah didianogsa typhus lah, usus buntu lah. Tapi nggak sembuh-sembuh. Pas dibawa ke Penang, nggak tahunya ketahuan batu empedu.

    ReplyDelete
  11. Andai saja aku tau info ini waktu alm nenek dulu sakit, mungkin kami bisa tahu second opiniom dan perobatan yang lebih memadai, but mungkin sudah kehendak Tuhan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut berduka ya Ainhy. Semoga bisa ikut bantu share artikel ini jika suatu saat ada yg membutuhkan.

      Delete
  12. Temenku juga diberikan rekomendasi oleh atasanya untuk cek berobat ke Penang, Mbak. Alhamdulillah sekarang sudah sembuh

    ReplyDelete
  13. Tante suami kena miom, dan malah kena malpraktek, salah prosedur oprasi, akhirnya berobat ke Penang, alhamdulillah sembuh dan merasa sangat puas dengan pelayanan di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, jadi emang udah terbukti ya, bahwa berikhtiar saat pengobatan itu ada hasilnya. Alhamdulillah kalau tante sudah sembuh, Rani.

      Delete
  14. Nenekku juga dulu diinfo kalau berobat baiknya ke Penang. Namun, karena sudah sepuh banget, maka diundur. Eh qaddarullah meninggal dunia beberapa hari kemudian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Innalillahi wa inna ilaihi roji'uun. Ikut berduka ya Amma. Semoga artikel ini bisa cukup membantu jika suatu saat ada keluarga yang membutuhkan ya.

      Delete
  15. Jd inget pas traveling ke Penang. Di pesawat berangkat dan pulang banyak orang sakiit mau berangkat atau pulang dr berobat. Disana emg terkenal bagus yaaa pengobatannya

    ReplyDelete
  16. Serign banget denger cerita orang2 kalo berobat itu lebih pilih ke luar negeri. Biasanya ke Singapore atau Malaysia (mungkin maksudnya Malaysia di Penangnya kali ya). Waktu itu aku sih mikirnya, ngapain juga berobat jauh2? Belum tiket PP naik pesawat, belum kita harus mikirin akomodasi selama di sana, kan nggak mungkin kita nemenin terus setiap saat di RS, pasti gantian lah. Oalah ternyat begitu ya masalahnya.... Ketika di negara sendiri belum bisa dapet dokter dan obat yg pasti, kita bisa cari second opinion di luar negeri.

    Well, makasih Budhe untuk sharing-nya. Mungkin akan bermanfaat buatku suatu saat nanti. :)

    ReplyDelete
  17. kemarin pernah baca review blogger juga tentang fasilitas second opinion dari wisata medis penang, menurutku itu keren banget. gak heran penang sekarang jadi tujuan medis dari berbagai negara di dunia

    ReplyDelete
  18. second opinion, saya pun beberapa kali melakukan ini.
    kemarin sebelum operasi impaksi, saya sampai ke Jogja untuk cari second opinion dan ujung2nya emang operasi disana sih hheeheh.
    terus lagi waktu divonis ada kelenjar di ketiak saya, saya pun ke Solo untuk bertemu dokter lain disana, tapi kali ini saya kembali ke Kendari karena bakalan repot klo operasinya gak ada keluarga yg mendampingi.
    tapi belum pernah sampai ke luar negeri atau ke Penang.
    noted nih Mbak, biar nanti klo ada yg butuh info terkait kesehatan bisa merekomendasikan Penang sebagai destinasi second opinion.
    pengennya sih kita sehat terus yah, Aamiin..
    makasih infonya ya Mbak :)

    ReplyDelete
  19. Bebebrapa teman aku ketika ada anggota keluarganya yang sakit, direkomendasikan ke Penang, mba. Awalnya aku nggak ngeh kenapa tapi dengan penjelasan mba Uniek auk merasa pilihan untuk berobat di Penang ini adalah pilihan terbaik :) . SMoga kita slalu disehatkan ya mba

    ReplyDelete
  20. Sepertinya memang salah satu pilihan berobat ke luar negri bisa ke Penang ya. Aisha ini juga udah mentok dengan pengobatan di Indo mba. Diminta dokter ke Singapura untuk lanjut pengobatan. Baca baca post mba Uniek malah jadi tertarik coba ke Penang nih

    ReplyDelete
  21. Wow ada 500 ribuan orang Indonesia yang berobat ke Penang? Memang sih kita jangan menyerah ya mencari kesembuhan.

    ReplyDelete
  22. Sewaktu aku bekerja di travel agent di Medan..rute Penang setiap hari penuh, 90% isinya orang-orang yang berobat ke Penang, apalagi Medan-Penang jalurnya dekat 45 menit nyampe harga tiket juga lumayan murah :)

    ReplyDelete
  23. Wah pantes pas pertama kali tiba di penang by bus, gedung tunggi pertama yg aq jumpai itu hospital. Tyta dsna emg terkenal pengobatannya ya

    ReplyDelete
  24. Iya nih. Kabarnya memang fasilitas medis di sana lebih lengkap dan nyaman ya

    ReplyDelete
  25. Oh jadi itu sebabnya banyak yg ingin berobat ke Penang ya.. TFS dik, kusimoan info ini kalau2 ada yg membutuhkan meskipun kita semua berdoa agar dijauhkan dari segala penyakit ya.. Aamiin..

    ReplyDelete
  26. Iya, teman dekatku juga bapaknya lagi sakit, dan berobat bolak balik ke Penang. Walaupun akhirnya memang meninggal, tapi dia udah merasa itu ikhtiar terbaik mereka.

    ReplyDelete
  27. Selain lengkap perawatannya, Penang juga negara luar yang termasuk deket dari Indonesia ya. Habis berobat sekalian refreshing mbak:)
    Asyik ya kalao beneran gratias, tapi aku doakan semuanya sehat selalu ah

    ReplyDelete
  28. Wah banyak juga ya orang Indonesia yang herobat kesana.Itu website nya ngebantu banget ya jadi sebelum pergi kita bisa tanya informasi lainnya secara gratis.

    ReplyDelete
  29. Orang Indonesia zaman now berobat ke Penang tu udah kyk berobat ke Jakarta aja ya mbak :D
    Apalagi yg domisilinya area2 Sumatera gtu.
    Ya gpp sih, namanya jg ikhtiar penyembuhan, apalagi katanya dokter di sana tu terkenal gk mudah menyarankan tindakan operasi dll

    ReplyDelete
  30. second opinian wajib banget kita jadikan pilihan, soalnya kadang opsi pertama misal nggak ada harapan masih ada opsi lain. Dan salah satunya adalah berobat ke Penang ini .

    ReplyDelete
  31. Aku pernah ke Penang dan alhamdulillah dalam rangka jalan-jalan liburan sih. Kotanya tenang, makanannya enak2, dan hitelnya relatif murah. Jadi kalo besuk sepertinya bisa lebih murah. Semoga kita semua sehat ya

    ReplyDelete
  32. Ingin sekali menyarankan Ibu untuk berobat ke Penang.
    General check up gituu...

    karena kemarin membujuk general check up di Rumah Sakit di Surabaya gak berhasil.
    Semoga kalau ke Penang, Ibu mau...

    ReplyDelete
  33. Penang ini terkenal banget ya RSnya. Mereka terkenal berdedikasi tinggi untuk kesembuhan pasiennya

    ReplyDelete
  34. Ternyata infonya di RS Penang pelayananya bagus dan kinerja juga cepat ya, wajar banyak orang berobat ke sana ya, aku taunya banyak artis aja berobat ke Penang.

    ReplyDelete