30 Maret 2022

Manfaat Zinc Bagi Pesepeda (Goweser)

 


Kadang-kadang saking semangatnya sepedaan dan olahraga lainnya, terkadang lupa nih untuk melengkapi kebutuhan tubuh dengan asupan vitamin, salah satunya vitamin zinc. Apa sih pentingnya zinc bagi tubuh?

Nah, teman-teman tahukah jika zinc ini merupakan zat gizi dengan banyak manfaat bagi tubuh? Zinc ini dikenal manfaat utamnya dalam mendukung pertumbuhan dan fungsi sistem imun tubuh. Ketika tubuh kita kekurangan zinc, bisa jadi akan timbul gangguan kesehatan dan bisa meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit.

Zinc ini merupakan mineral yang punya banyak peran penting di dalam tubuh, namun tidak bisa diproduksi oleh tubuh kita sendiri. Oleh karena itu, kita perlu memenuhi ketercukupan kebutuhan zinc dengan cara mengonsumsi makanan yang kaya kandungan zinc. Menambahkan suplemen zinc pun bisa menjadi alternatif dalam menjaga imunitas tubuh.




Manfaat Zinc bagi Tubuh


Sebenarnya tidak hanya bagi goweser ataupun orang-orang dengan aktivitas fisik berat saja sih, zinc ini amat penting bagi tubuh kita secara umum. Apa saja sih manfaat zinc ini?



1. Meningkatkan Sistem Imun 


Ketika kita sering melakukan aktivitas fisik di luar ruangan, otomatis berbagai macam patogen seperti bakteri, virus maupun jamur bisa dengan mudah hinggap ke dalam tubuh. Nah, otomatis bagi pesepeda atau goweser seperti diriku, bakalan butuh banget nih asupan zinc yang mencukupi bagi pertahanan tubuh.

Zinc memiliki fungsi untuk mengaktifkan sel darah putih yang memiliki peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketercukupan kebutuhan zinc ini akan mendukung kekebalan tubuh dalam melawan dan menetralkan patogen tadi. Diharapkan nantinya risiko menderita berbagai penyakit juga bisa menurun.




2. Mempercepat Penyembuhan Luka


Saat bersepeda, kemungkinan mengalami luka bisa saja terjadi. Entah itu karena terpeleset ataupun kaki tergores, atau kejadian yang tak diinginkan lainnya. Berbagai macam obat luka sudah tersedia sih, bakalan lebih maksimal ketika kondisi badan kita pun bagus. Salah satu yang mendukung kondisi fisik ini adalah dengan tercukupinya kebutuhan zinc dalam tubuh.

Asupan zinc memiliki manfaat tersendiri bagi pasien luka bakar, luka terbuka, maupun cedera kulit sejenisnya. Zinc mampu mendukung pembentukan kolagen, fungsi imun, dan reaksi peradangan yang dibutuhkan dalam proses penyembuhan luka.

Zinc juga membantu menjaga kekuatan kulit dan membran mukosa, yaitu jaringan yang melapisi berbagai rongga tubuh dan organ internal. Jika seseorang punya kadar zinc yang bagus dalam darahnya, proses penyembuhan lukanya cenderung akan lebih cepat.






3. Mengatasi Masalah Infertilitas Pria


Zinc juga dijadikan sarana penyembuh dalam menangani kondisi infertilitas atau gangguan kesuburan pada pria. Zinc mampu membantu meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria.

Selain itu, zinc juga memiliki potensi untuk dijadikan obat guna mengatasi disfungsi ereksi dan meningkatkan kualitas sperma.




4. Mengatasi diare


Saat kita mengalami ganggugan tubuh berupa sakit diare, ada kemungkinan dokter akan memberikan vitamin zinc untuk membantu pemulihan. Berdasarkan berbagai penelitian pun terungkap bahwa zinc dapat membantu meringankan derita diare.

Manfaat ini berasal dari peran zinc dalam pembentukan protein, pertumbuhan sel, dan fungsi sistem kekebalan tubuh. Zat gizi mikro ini juga membantu proses perpindahan air dan cairan elektrolit di dalam usus selama tubuh menghadapi diare.



5. Mengurangi risiko penyakit kronis


Radikal bebas dalam tubuh bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit berat seperti diabetes, hipertensi, maupun penyakit jantung. Zinc mempunyai sifat antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit tersebut.

Asupan zinc dalam tubuh juga membantu mengurangi peradangan yang menjadi penyebab sindrom metabolik, kanker, hingga penurunan fungsi otak. Oleh karena itu, penting banget nih asupan zinc yang juga dibarengi dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat.




6. Mengatasi masalah kulit


Sebagian orang yang bermasalah dengan jerawat ternyata memiliki kadar zinc yang rendah. Hal ini dapat diatasi dengan penggunaan suplemen dan krim oles mengandung zinc. Keduanya bekerja dengan meredakan peradangan dan menghambat produksi minyak.

Selain itu, asupan zinc juga dapat mengatasi beberapa masalah kulit lain yang menimbulkan peradangan. Bukti ilmiah menunjukkan manfaat zinc dalam mengatasi dermatitis atopik (eksim) maupun ruam popok pada bayi.



Meskipun kebutuhannya kecil, fungsi zinc bagi tubuh sangatlah beragam. Zinc berperan dalam sistem imun, penyembuhan luka, hingga fungsi saraf dan otak. Jadi, pastikan menu harian kita semua dapat membantu memenuhi kebutuhan zinc harian. Berbagai kebutuhan akan vitamin zinc bisa diperoleh dengan mudah, salah satunya melalui Natural Farm. Klik saja yaa.... temukan stok zinc yang tepat untuk asupan keluarga. 


16 komentar:

  1. Oh, aku baru tahu kalau zink ini juga berfungsi untuk mengatasi infertilitas dan menyembuhkan luka. Selama ini tahunya buat diare dan imun saja. Penting tuh goweser konsumsi zinc biar staminanya bugar terus yaaa...

    BalasHapus
  2. Selama pandemi tu rajin minum zinc. Beli banyak karena suami & si sulung beda kota. Aku beliin online, kirim ke alamat mereka. Officially kami belum pernah kena covid tapi nggak mau klaim belum pernah kena karena banyak juga kan yg OTG.

    BalasHapus
  3. Zinc sering terlupakan mungkin hampir semuanya vitamin ada kandungan zinc bahkan pasta gigi.

    BalasHapus
  4. Banyak banget manfaat Zinc ini, aku rutin minum juga apalagi pas pandemi udah wajib C, D3 ma Zinc sepaket biar badan tetep fit dan bisa berkarya terus.
    Makin semangat menjalani hidup and smangat ngegoweess...

    BalasHapus
  5. nah memang perlu banget zinc untuk asupan tubuh, tak hanya goweser namun semua yang aktif kegiatannya yaaa

    BalasHapus
  6. Zinc alias zat besi sejak dalam kandungan sampai kita dewasa dan bahkan tua memang selalu dibutuhkan. Karena itu jangan abai ya akan asupan zat zinc untuk tubuh kita ini

    BalasHapus
  7. aku juga selalu pastikan ada asupan zinc nih mba Un.. biasanya gabung dengan vitamin ya. Sejak kena COVID - 19 waktu itu Zinc jadi asupan wajib nih

    BalasHapus
  8. Produk Natural Farm lengkap ya mbak, dan menarik kemasannya. Ternyata kurang Zinc dapat menimbulkan berbagai masalah seperti jerawat ya, baru tahu. Dan jadi ingat waktu anakku tiba2 mengalami luka yang gak tahu penyebabnya, ternyata salah satu obatnya adalah tablet yang mengandung zink.

    BalasHapus
  9. Wah iya ya banyak sekali manfaatnya sering kurang terperhatikan nih zinc baca ini jadi diingatkan...sip makasih ya Mba..:D

    BalasHapus
  10. Zat mikro yang sering kali kita lupakan ya zinc ini. Padahal dia punya peran yang besar di dalam tubuh. Apalagi buat yang suka olahraga. Huhu aku juga kerap abai nih. Padahal untuk performa lari yang bagus, zinc ini juga diperlukan.

    BalasHapus
  11. Aku mulai melek dengan kebutuhan zinc dalam tubuh nih mba. APalagi abis baca ini, jadi mikir buat nambah suplemen yang mengandung zinc.

    BalasHapus
  12. zinc ini bermanfaat banget buat kita mba.. aku juga banyak dapat saran dari dokter, upayakan kudu minum vitamin yang ada zinc-nya. apalagi pas ada pandemi gini, kerasa banget kalau kebutuhan zinc perlu diupgrade

    BalasHapus
  13. Zinc ternyata manfaatnya banya banget yaa
    Biasanya aku konsumsi dari makanan atau dari susu yang mengandung zinc gitu mbak, tapi ternyata ada ya khusus vitamin zinc yang bisa kita konsumsi? APalagi puasa2 gini, kebutuhan asupan vitamin tambahan sangat penting yaa

    BalasHapus
  14. Meski dibutuhkannya dalam jumlah sedikit, tetap tidak boleh mengabadikan kebutuhan zinc dalam tubuh yaa..
    Senang sekali kini ada Natural Farm yang Bantu penuhi zat yang dibutuhkan tubuh agar metabolisme lancar.

    BalasHapus
  15. Butuhnya cuma dikit ya, tapi ya namanya butuh, harus selalu dipenuhi ternyata. Semenjak covid melanda keluargaku, baru kutahu kalau zinc itu ternyata bener2 diperlukan buat tubuh, setiap harinya.

    BalasHapus
  16. Waktu anak aku diare emang dikasih zink oleh dokter. Tapi saya baru tahu kalau ternyata manfaat zink itu bisa banyak banget selain meringankan diare. Thanks atas sharingnya mba

    BalasHapus