08 Maret 2022

Tips Membuat Website yang Menarik

 
Website atau yang biasa dikenal dengan situs memiliki banyak sekali macam dan manfaat. Desain suatu website cukup mempengaruhi efektivitas dari situs tersebut. Bisa dikatakan ketika sebuah website menarik untuk dikunjungi, maka tujuan dari pembuatan website akan cepat tercapai.

tips membuat website yang menarik


Sebagai contoh sebuah website online shop, jika situs tersebut memiliki tampilan dan desain yang menarik, maka semakin banyak pengguna internet yang mau berkunjung dan mungkin membeli produk yang dijual.

Lain ceritanya jika tampilan sebuah web yang tampak kusam, tidak menarik, maka akan jarang yang berminat mengunjungi situs web tersebut. Jadi tampilan dan desain website benar-benar harus dirancang sedemikian rupa supaya menarik minat pengguna internet untuk berkunjung.

Lantas bagaimana tips membuat website yang menarik? Yuk simak tipsnya di bawah ini.





Tips Membuat Website yang Menarik


Gunakan Desain yang Clear dan Simple


Desain atau tema sebuah web menjadi modal dasar agar suatu website terlihat menarik. Buatlah halaman web yang menggambarkan ciri khas perusahaan atau usaha yang kita jalankan. Sejak pertama kali melihat website terkait, pengunjung sudah langsung bisa mengetahui tentang perusahaan dan produk yang ditawarkan.

Walaupun desain website yang unik bisa jadi lebih menarik, namun desain yang simple dan mudah dinikmati merupakan keputusan yang paling tepat. Saat kita mengunjungi laman web dengan desain yang rumit, pasti akan merasa malas untuk menyimak informasi dan mengunjunginya kembali kan?





Gunakan Font yang Mudah Dibaca


Tips selanjutnya yaitu gunakan font yang mudah dibaca dan menarik. Terkadang font kaligrafi terlihat sedikit lebih menarik, namun sayangnya sulit untuk dibaca sehingga informasi yang disajikan dalam halaman web akan sulit untuk diterima oleh pengunjung.

Nah, dari sekian banyak pilihan font yang tersedia, salah satu font yang paling sering digunakan untuk desain laman online adalah San Serif Font. Font tersebut terkesan sederhana, mudah dibaca namun tetap menarik untuk dilihat. Tidak hanya untuk desain situs online saja, San Serif Font pada umumnya juga digunakan untuk desain cetak.

Ketika kita lebih memilih menggunakan terlalu banyak font yang berbeda dalam satu desain, maka konten yang kita buat justru akan terkesan kurang scannable dan berlebihan. Jangan lupa untuk menggaris bawahi atau menebali kata-kata atau kalimat yang penting.

Website perlu hosting murah dan nama domain yang bagus. Salah satu rekomendasi bagus nih, kita bisa memakai hosting murah DomaiNesia diskon 30% selamanya dan cek domain yang tersedia.




Responsive Design


Tips selanjutnya pastikan bahwa website memiliki desain yang responsif, sehingga halaman web akan berfungsi dengan baik saat dibuka melalui berbagai perangkat seperti mobile phone, tablet hingga PC.

tips membuat website yang menarik

Seiring dengan kecanggihan teknologi dan internet yang dapat diakses dari perangkat apapun, membuat adaptif dan responsif desain menjadi hal yang sangat penting. Kita harus memastikan bahwa website yang dibuka dapat menyesuaikan dengan ukuran layar serta fungsi perangkat yang digunakan.




Gunakan Navigasi yang Mudah Digunakan


Pada umumnya, sebuah homepage atau halaman utama website akan menampilkan navigasi di bagian atas halaman. Navigasi ini biasanya berisi hal-hal penting yang berhubungan dengan perusahaan atau bisnis tersebut.

Tanpa navigasi, sebuah website tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Bisa dikatakan bahwa navigasi sangat penting dan diperlukan agar website tampak menarik bagi pengunjung. Sementara pada bagian bawah halaman atau footer akan memuat bagian-bagian atau link yang dianggap tidak terlalu penting. 




Hindari Flash


Adobe Flash seringkali digunakan sebagai standar untuk membuat animasi serta interaksi pada website. Akan tetapi saat ini sudah tersedia opsi lain yang lebih pas digunakan untuk membuat animasi website, seperti Javascript, HTML5 dan juga CSS3 demi memberikan pengalaman website yang lebih dinamis.

Jika ingin menambahkan efek animasi pada website, maka kita bisa mencarinya melalui Google untuk menemukan banyak plugins jquery atau javascript guna meningkatkan fungsionalitas website milik kita.




Kecepatan Situs


Kecepatan situs dalam menjalankan semua perintah yang diterima adalah hal yang sangat penting. Ya, di era digital dan tingkat mobilitas individu yang tinggi, membuat kecepatan website menjadi komponen paling penting agar menampilkannya menjadi website yang terlihat menarik untuk dikunjungi.

Jadi, pastikan bahwa load website kita masih dalam kurun waktu 4 hingga 6 detik. Dalam hal ini, faktor utama yang mempengaruhi cepat atau lambatnya website adalah hosting yang digunakan. Jadi pastikan pula bahwa hosting yang kita pilih sudah tepat dan memiliki banyak kelebihan serta fitur canggih yang didapatkan.




Jangan Berlebihan


Apapun yang berlebihan sudah dipastikan tidak bagus. Terkadang karena terlalu fokus ingin membuat website terlihat menarik, justru kita akan menggunakan desain yang terlalu berlebihan dan terlalu ramai.

Alih-alih membuat website menarik untuk dikunjungi, yang ada malah bikin pengunjung tidak tertarik atau bahkan enggan untuk berkunjung ke halaman web kita. Jadi, buatlah desain dengan warna yang clear dan nyaman untuk dilihat. Berikutnya, gunakan juga kalimat-kalimat yang singkat namun informatif dan to the point.




Tips membuat website yang menarik ini memang gampang-gampang susah, mengingat selera orang juga berbeda-beda. Namun dengan menerapkan semua tips di atas, semoga kita semua bisa dengan mudah membuat website tampak lebih menarik. 
 

32 komentar:

  1. Bener, sih. Mending websitenya simpel, ya. Jadi ntar konten artikelnya lebih menarik dan terbaca.

    BalasHapus
  2. Bener banget Mak. Dulu aku suka desain warna-warni tapi akhirnya berubah ke clear aja yang lebih nyaman dibaca semua orang

    BalasHapus
  3. Emang mending website itu yang simpel-simpel aja sih nggak usah yang terlalu berlebihan atau yang gimana-gimana. Makasih ya tipsnya membantu banget nih

    BalasHapus
  4. pas banget baca artikel ini saat semangat ngeberesin blog sedang membara

    terimakasih ilmunya mbak, langsung dicatat untuk perbandingan blog saya nih

    BalasHapus
  5. Situs website yang mudah diakses biasanya punya banyak pengunjung ya, Mbak. Website yang desainnya sederhana dan menarik juga bagus ya, Mbak.

    BalasHapus
  6. Dulu pernah BW ke blog yang tampilannya kayak diskotik, ya Allah perih matakuuu. Latar pink, font kuning, ditambah header dll tabrakan semua warnanya :'(

    BalasHapus
  7. Naah..ini nih tips bagus utk membuat website menarik..penting banget nih, bisa kuteruskan ke sahabat yg mau bikin website utk toko onlinenya. Terima kasih ya..

    BalasHapus
  8. Tips yang sangat menarik. jadi mau ngeberesin rumahnya nih biar menarik dilihat

    BalasHapus
  9. Bener banget Mba, desain yang simple dan informatif lebih penting daripada website yang lucu, banyak hiasan

    BalasHapus
  10. wah betul nih tipsnya, simpel dan ramah di mata ya mb..

    BalasHapus
  11. Terima kasih tipsnya, pengetahuan buat saya blogger newbie. Dulu pertama kali punya blog, saya juga suka coba-cobain plugin ini itu. Ubah template berapa kali. Sekarang lebih nyaman sama yang simple.

    BalasHapus
  12. Lagi mau move on juga buat beberes blog nih. Tips nya oke banget mba. Punya referensi yang bisa bikin desain header blog ga mba? Biar tampak lebih fresh lagi.

    BalasHapus
  13. terimakasih sudah share tips2 ny cocok untuk diriku yg masih pemula

    BalasHapus
  14. Dulu aku itu suka banget naruh printilan di blog. Kayak kasih musik, salju-salju atau hujan-hujan gitu. Maklum zaman abegeh. Namun setelah belajar sedikit, ternyata memang yang disarankan kakak di tulisan inilah nan paling baik untuk blog agar kontennya bisa nongkrong di mesin pencari

    BalasHapus
  15. Baca artikelnya jadi mau beberes rumah onlineku deh, biar menarik dilihat sama yang nengok rumahku

    BalasHapus
  16. Jadi inget dulu pertama kali buka blog tahun 2011, desain ku dangdut banget wkwkwk karena masih bocil

    BalasHapus
  17. Untuk aku pribadi emang lebih suka desain yang simple aja. Ketimbang yang terlalu rame. Terus font juga. Lebih sukanya yang gampang kebaca ketimbang font yang punya lekuk-lekuk itu. Kadang enggan bacanya. Hehehe

    BalasHapus
  18. Aku pun lebih demen dengan yang simple2 mbaa, tak terkecuali untuk urusan website
    btw, jadi ingin berkaca apakah websiteku sudah memenuhi kriteria di atas xixixi

    BalasHapus
  19. Point nya simple tapi bener semua tu. Pembaca emang lebih suka yg simple dan terutama kecepatannya itu ya mbak

    BalasHapus
  20. Terimakasih untuk informasinya, semoga nanti bisa membuat web sendiri.

    BalasHapus
  21. aku sepakat ma pin-poinnya ini 5 dari 7 poin di atas aku terapkan di template blogku. dan emang dasarnya uska yang simpel2 sih hehee

    BalasHapus
  22. Iya mbak website terutama buat toko online klo terlalu rame mlh kurang fokus sama yg djual yak.

    BalasHapus
  23. Jadi mau rapih-rapih blog habis baca ini

    BalasHapus
  24. sy suka dengan template blog mbak, simple ga sakit di mata, hurufnya juga enak dibaca, terima kasih tipsnya mastah idola

    BalasHapus
  25. Wah tipsnya cocok banget buat aku yang sedang merintis blog. Terimakasih sharingnya, Mbak.

    BalasHapus
  26. Dulu seneng banget kalo mengunjungi website yang ada saljunya turun, kak Uniek..
    Tapi setelah sering main ke blognya para masta ((salah satunya kak Uniek)), stadart mata melihat tulisan dan konten yang nyaman tuh adalah memilih template dan fitur yang rapih serta tepat guna, gak lebaii..
    Hihi..

    BalasHapus
  27. Pas banget nih untuk yang masih pemula ngeblog. Langsung paham jangan pake widget banyak2 di website nya, justru yg clean dan simple ya biar pembaca betah

    BalasHapus
  28. Pingin ganti desain yg lbh clear n menarik, udah beli sih tapi kok malah jadi maju mundur mbak mau pake,

    BalasHapus
  29. Tipsnya bermanfaat banget nih. Dulu awal ngeblog suka pakai font yang mlungker mlungker biar kelihatan estetik. Tapi ternyata malah susah dibaca ya. Font memang pengaruh

    BalasHapus
  30. Iya aku suka desain blog dan web yang simpel dan tidak banyak pernak-pernik yang menghalangi tulisan untuk terbaca ya.. kecepatan membuka web juga berpengaruh besar terhadap jumlah pengunjung..

    BalasHapus
  31. Dulu selama 4 tahunan malah pake template bawaan blog karena simple dan blom punya waktu utak atik

    BalasHapus
  32. Yang flash kok agak2 belum mudeng. Tak cari2 info lagi.ah...

    BalasHapus