04 Maret 2022

Tips Menjaga Kesehatan Area Kewanitaan


tips menjaga kesehatan area kewanitaan


Pernah nggak sih merasakan sensasi ingin menggaruk area kewanitaan kita secara berkelanjutan? Ini sudah menjadi semacam alert bagi kita, ada hal-hal yang harus diperhatikan. Ingat, penting menjaga kesehatan area kewanitaan kita loh.

Apa sebenarnya yang terjadi ketika rasa gatal itu melanda?

Ada beberapa macam gangguan yang terjadi pada area kewanitaan ketika kita merasakan gatal di bagian tersebut. Yuuuk kita bedah lebih lanjut yaaa... Siapa tahu ada di antara pembaca blog ini, baik yang sudah menikah ataupun belum menikah, pernah mengalami hal tersebut.



Gangguan Kesehatan pada Area Kewanitaan (Vagina)


Ketika kita merasakan gatal di area kewanitaan, tentunya nggak nyaman kan yaaa... Rasa gatal ini ditimbulkan oleh beragam penyebab, mulai dari infeksi jamur hingga stres. Kayaknya ringan saja ya, sekadar gatal, bisa saja nantinya sembuh dengan sendirinya. 

Tapi jangan salah yaaa... rasa gatal pada area kewanitaan juga bisa disebabkan oleh penyakit yang lebih serius. Saat keluhan gatal ini bertambah parah, sering kambuh, atau disertai gejala lain, sebaiknya kita segera memeriksakan diri ke dokter.  

Beberapa penyebab keluhan rasa gatal pada area kewanitaan : 
  1. Iritasi
    Rasa gatal pada area kewanitaan dapat terjadi karena iritasi akibat pengaruh bahan-bahan kimia. Beberapa produk yang digunakan wanita seperti sabun, tisu basah maupun pembalut bisa memicu iritasi tersebut. 
  2. Infeksi jamur
    Infeksi jamur atau kandidiasis vagina lebih sering terjadi pada wanita yang sedang mengonsumsi antibiotik, hamil, dan aktif berhubungan seksual. Hal ini bisa juga menimpa wanita dengan daya tahan tubuh yang lemah. Selain menimbulkan rasa gatal di organ kewanitaan, infeksi jamur ini biasanya juga disertai keluhan lain, seperti keputihan dan rasa perih di area tersebut.
  3. Stres
    Ketika sedang mengalami stres, otomatis sistem kekebalan tubuh menurun. Pada wanita, hal ini akan membuat area kewanitaan mudah terserang infeksi, baik infeksi bakteri maupun jamur.
Selain kondisi fisik, ternyata hal-hal yang dialami dan mempengaruhi psikis juga mempengaruhi kesehatan area kewanitaan. 

Nggak heran deh, ketika ada berbagai permasalahan yang cukup berat dan bikin stres, gangguan area kewanitaan ini pernah menimpa diriku juga. 

Sebal deh rasanya ketika rasa gatal pada area khusus ini muncul di saat-saat yang tidak tepat. Misal sedang di tempat umum gitu, rasanya tidak pantas kan ya garuk-garuk si itu melulu, duh duuuhh..

Gimana dong cara untuk menghindari hal tersebut dan mengatasinya misal gangguan tersebut sudah kita alami?





Cara Mencegah dan Mengatasi Gangguan Kesehatan pada Area Kewanitaan


Tadi telah disebutkan bahwa kondisi psikis yang sedang tidak baik-baik saja bisa memicu munculnya gangguan kesehatan pada area kewanitaan. Padahal kita tidak mungkin tidak punya permasalahan hidup kan?

Selain itu, beberapa aktivitas fisik yang sering kita lakukan bisa menjadi penyebab munculnya gangguan pada vagina atau area kewanitaan. Baju dalam yang terkena keringat bercampur dengan kotoran bisa memicu munculnya rasa gatal.

Waahh... padahal kan aku sering melakukan olahraga, seperti bersepeda, senam aerobik dan renang. Lalu gimana dong, emangnya nggak boleh berolahraga?

tips menjaga kesehatan area kewanitaan


Eitss.. tentu saja boleh. Meskipun melakukan aktivitas fisik yang potensial mendatangkan keringat dan membuat badan jadi kotor, ada hal-hal penting terkait kebersihan area kewanitaan yang perlu kita perhatikan.

Tips menjaga kesehatan area kewanitaan yang bisa kita terapkan adalah sebagai berikut:
  • Gunakan celana dalam berbahan katun yang nyaman, gantilah secara rutin setiap kali kita sudah merasa tidak nyaman. Rasa tidak nyaman ini bisa jadi karena lembab yang diakibatkan oleh cairan tubuh maupun air.
  • Gunakan air bersih ketika membersihkan area kewanitaan. Perhatikan cara membersihkan yang dengan benar, yaitu dari arah vagina menuju anus, bukan sebaliknya. 
  • Hindari penggunaan tisu, panty liner, pembalut dan pembersih area kewanitaan yang mengandung wewangian. 
  • Mengganti pembalut secara rutin ketika sedang masa menstruasi.
  • Segera ganti pakaian olahraga setelah selesai melakukan aktivitas fisik tersebut. Terutama baju renang nih yang sudah terkena air kolam renang yang kita tak pernah tahu ada kotoran apa saja di dalamnya. 
  • Pilih celana atau rok yang nyaman dan tidak terlalu ketat

Gimana nih ibu-ibu dan kakak-kakak, sudah menerapkan tips di atas kah?

Nah, ketika mengalami kondisi area kewanitaan yang sering gatal di atas, menggunakan sabun biasa tentu saja kurang direkomendasikan. Yang ada malah bakteri baik yang ada di sekitar area kewanitaan akan ikut terbasmi.

Aku pernah nih nyobain produk pembersih kewanitaan dari Betadine. Suka banget dengan kelembutannya, tanpa ada aroma yang berlebihan. Nyaman banget gitu saat digunakan. Penasaran dengan produk yang kugunakan?

tips menjaga kesehatan area kewanitaan

Yes, ini dia pilihanku. Lembut sekali pembersih kewanitaan yang teksturnya foam ketika kita pompa keluar dari botolnya. 

Bisa cek di https://betadine.co.id/ deh produk feminine care yang tersedia. Feminine wash foam pilihanku yang warna ungu dengan gentle protection untuk penggunaan sehari-hari. Pembersih ini memiliki perlindungan lembut yang berasal dari bunga Immortelle, yang dirancang khusus untuk kebutuhan area kewanitaan.

Dari beberapa referensi yang kubaca, Immortelle ini berasal dari Perancis dan salah satu fungsinya adalah sebagai anti inflamasi. Immortelle memiliki kandungan yang dipercaya efektif melawan bakteri sekaligus menghambat pertumbuhan jamur yang menyebabkan berbagai iritasi kulit.

Betadine feminine wash foam gentle protection ini menutrisi dan mendukung pertumbuhan bakteri baik, juga memberikan perlindungan alami area kewanitaan. Kemasan 100 ml ini terhitung hemat loh, digunakan dalam waktu sebulan belum tentu habis. 

Beberapa kelebihannya yang membuatku memilih produk ini:
  • bebas sabun, paraben dan pewarna
  • gynaecologically tested
  • membantu menjaga keseimbangan pH alami
  • mengandung prebiotik
  • lembut
  • hypoallergenic

Setelah rutin menggunakan pembersih ini, alhamdulillah... gangguan gatal yang dulu pernah melanda, sudah bablas lewat. Tak ada lagi deh adegan memalukan, garuk-garuk di tempat umum, di bagian yang spesial pula. Nggak lagi-lagi deeeh....


44 komentar:

  1. Bener banget kadang bingung kalau udah ada gejala gatal dan iritasi, mau cari obatnya kadang bingung, kalau periksa pun kayak riskan sendiri. Ini jadi solusi banget deh betadine, thanks review dan tipsnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, mba. Bisa jadi langkah pertama untuk mengatasi rasa gatal pada area miss V kita nih dengan menggunakan Betadine feminine wash foam.

      Hapus
  2. Wah, stres ternyata bisa memicu masalah pada area kewanitaan ya. Apalagi kalau sedang menstruasi, kadang gatal karena iritasi atau pembalutnya yang kurang cocok dll. Ada solusi untuk mengatasi hal2 tersebut dengan menggunakan Betadine seperti feminine wash foam ini. Harumnya juga natural, kemasan praktis bisa dibawa ke mana2 ya. TFS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hati tenang pakai produk Betadine ini, karena bebas paraben, sabun dan pewarna. Benar2 diperhatikan sekali kandungan di dalamnya, dapat mengatasi berbagai masalah area kewanitaan. Kepengen coba yang warna pink nih :)

      Hapus
    2. Iya mba, stres itu pengaruh banget ke perubahan hormon. Period juga sama, bikin rasa gatal di area vagina. Sediaan feminine wash foam dari Betadine ini cocok diterapkan untuk sehari-hari.

      Hapus
  3. Wah asli pengen nyoba nih buat perawatan. Biar ga banyak jamur yg bikin kwputihan tambah parah.

    BalasHapus
  4. aku ya mba pernah ngalamin keputihan dan perih di area vagina saat hamil dulu, ya allah super gak nyaman deh mba, rasanya risih terus

    BalasHapus
  5. artikel ini jadi pengingat buat diri sendiri juga nih. karena enggak terlihat, kadang jadi abai sama kebersihan daerah kewanitaan, padahal penting banget ya. terima kasih review-nya, mbak

    BalasHapus
  6. Naah, aku banget sekarang Mba Uniiik, lagi gatal2 seputar area kewanitaan, duhh suka kesel sendiri. Padahal udah melakukan tips2 di atas, mungkin cuaca juga yang panass trus dingin sekali bikin kulit kering dan ga nyaman.
    Wah, aku blom nyoba nih kalo Betadine Feminim ini, mau juga nyariin ahh, ga kukuuu euy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuaca panas juga salah satu penyebab kita berkeringat terus dan lembab di area tertentu. Bisa dicoba Teh itu yg feminine wash foam dari Betadine.

      Hapus
  7. wkwkwk bahaya dan gawat banget memang mak klo smp ada adegan garuk2 si area itu di depan publik hiks...makanya penting banget ya jaga kesehatan si area V ini, bukan cuma buat kenyamanan di mata publik tp emang mengganggu bgt klo ada masalah di situ

    BalasHapus
  8. Stres juga bisa bikin gatal di aera kewanitaan ya mba? Wah baru tau ada betadine foam gini. Kalau produknya betadine mah aman dan terpercaya, dah gosah ragu hehe.

    BalasHapus
  9. Makasih loh mbak informasinya. Saya juga harus cobain Betadine untuk area kewanitaan ini deh. Habis melahirkan pasti harus lebih jaga kesehatan Miss v.

    BalasHapus
  10. Ooh ternyata minum antibiotik juga merupakan salah satu penyebab infeksi jamur ya.
    Produk BETADINE makin komplit aja, ada BETADINE feminine wash foam juga ternyata. Aku punya yang BETADINE daily feminine wash natural yang warna pink, mau cobain juga ah feminine wash foam ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang feminine wash foam ini langsung udah jadi busa ketika kita tekan pumpnya mba, lembuuut banget rasanya.

      Hapus
  11. Waduh, beneran kalau lagi gatel berasa pengin garuk..padahal sebuah peringatan ya ini berarti, ada apa-apa dengan area kewanitaan kita. Kadang bahan celana dalam, pakai celana ketat itu yang bikin rasa enggak nyaman di sana. Betadine Feminine wash foahm bisa nih jadi solusinya

    BalasHapus
  12. Biasanya ketika lagi keputihan suka berasa gatel nih,
    harus lebih rajin mengganti pakaian dalam dan membersihkan area kewanitaan dengan betadine yaaah

    BalasHapus
  13. Sedih banget emang kalau vagina gatal, huuuuh pengen tak jambak aja rasanya!
    Padahal aku selalu pakai sabun pembersih kewanitaan yang aneka rupa, tapi saat ini yang cocok baru daun sirih rebus, dan itu merepotkan kalau bepergian

    nanti deh tak coba betadine ini, makasih ya mbak Uniek infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun omaaa... apaan tuh yang dijambak wkwkkwkk... Iya, klo ngrebus terus bolak balik emang rada merepotkan ya. Bisa dicoba loh Betadine feminine wash foam ini.

      Hapus
  14. Menjaga kesehatan area kewanitaan itu penting ya mbak Uniek
    Karena juga berpengaruh pada kenyaman aktivitas kita sehari-hari
    Salah satu cara menjaga kesehatan area kewanitaan ya pakai sabun pembersih kewanitaan Betadine

    BalasHapus
  15. Wanita oh wanita...gara-gara stress efeknya kemana-mana ya.. termasuk gangguan di area kewanitaan. Wajib sedia Betadine nih biar terbebas dari segala gangguan yang suka datang tiba-tiba meski tak diundang

    BalasHapus
  16. pernah kayak gitu mbak kalau udah buang air kecil di public toilet pasti aja kena, tapi gak sering sih, makanya kadang enggan BAK di tempat umum. tapi kalau gak dikeluarin takut kena infeksi saluran kemih juga ya, serba salah. alhamdulillah ada pembersih kewanitaan betadine ya, jadi kalau pad harus keluar rumah bisa dipakai nih

    BalasHapus
  17. Aku juga pernah mbak mengalami gatal di area kewanitaan, nggak nyaman banget emang, apalagi kalau pas ada di tempat umum. Dan saat itu nggak tahu gimana mengatasinya, jadi ya di tahan aja, sampai akhirnya hilang sendiri.

    BalasHapus
  18. Waduu...kak Uniek tau banget.
    Akutu kan gak telaten kalo pakai sabun kewanitaan gitu.. Selain itu, pernah aku rutinkan pakai, ternyata malah jadi terlalu bersih.
    Hihii...jadi agak rewel yaa..

    Tapi penting banget menggunakan feminine wash foam gentle protection yang bahannya cocok untuk area kewanitaan. Akan membuat lebih nyaman karena jauh dari gatal dan serem kalau sampai berjamur.

    BalasHapus
  19. Aku di rumah juga pakai Betadine ini untuk merawat area kewanitaan, terutama menjelang menstruasi nih kadang suka keputihan juga dan biar lebih nyaman dan tidak lembab jadi aku selalu membersihkan dengan Betadine

    BalasHapus
  20. Permasalahannya wanita yg sensitif memang bagian kewanitaan. Stress bisa berpengaruh juga ya ternyata, jadi tidak khawatir lagi nih karena rekomendasinya mba...

    BalasHapus
  21. Memang penting jaga area kewanitaan supaya ga lembab ya mbak. Klo lembab riskan jamur. Q jg suka gatel klo keseringan pke panty,krn haid ga teratur. Mksh reviewnya mbak buat kucoba klo pas kambuh.

    BalasHapus
  22. Benar mbak, saat stres tuh masalah keputihan muncul aja ga pake bilang-bilang, akan terasa gatal kalau dibiarkan. Obatnya ya itu tadi, atasi stresnya dulu, baru bagian kewanitaannya dibersihkan. Biasanya bisa langsung berhenti, dan gak jadi gatal-gatal.

    BalasHapus
  23. Ternyata stress bisa mempengaruhi kesehatan organ kewanitaan juga, ya. Kudu mengelola pikiran dg baik dan menjaga kebersihan daerah kewanitaan nih. Biar sehat.

    Walah, betadine bukan hanya obat luka lecet atau luar aja ya. Sekarang sudah mengeluarkan produk untuk organ kewanitaan.

    BalasHapus
  24. kalo aku kadang bermasalahnya pas habis haid. jadi suka ga pede gitu. perlu banget nih mau coba betadine feminine wash foam. kayaknya belum liat produk yang ini. apa ga ngeh ya akunya :D

    BalasHapus
  25. Paling gak nyaman emang klo gatel tuh. Tapi memang seringnya abai sih sama kesehatan dan kebersihannya.

    BalasHapus
  26. Sekarang betadine semakin lengkap ya mb Uniek variannya yang dipasarkan. Aku jadi pengen nyetok nih untuk di rumah. Apalagi kalo pas musim kemarau rasanya ga nyaman banget

    BalasHapus
  27. wah, boleh ini saya coba soalnya mau ada rencana perjalanan darat, suka merasa gatal kalo pake MCK umu, hiiiiks. semoga cocok nih produk ama saya yah

    BalasHapus
  28. Pernah banget gatak-gatal gitu, terus solusinya pura-pura tangan masuk kantong celana biar aman garuk. Tapi bagusnya memang diobati bukan digaruk

    BalasHapus
  29. stress juga berpengaruh banget ya, Mba. btw, saya setuju sama poin ganti celana dalam sering-sering biar area kewanitaan tetap kering

    BalasHapus
  30. aku juga sering gatal kalau menjelang mens dan setelah mens, wah informasi yang bermanfaat sekali mba perlu dicoba nih

    BalasHapus
  31. Saya pakek pembersih dari Betadine ini juga, Mbak. Gak sering sih, cuma pada saat2 tertentu saya gunakan. Sempat mengalami gatal karena stres juga, pas kemarin positif covid. Ternyata psikologis juga berpengaruh pada organ genital.

    BalasHapus
  32. Wah baru tahu aku mba, kalau ternyata stress berpengaruh juga ya sama masalah di daerah kewanitaan. Aku juga pake ini mba....untuk menjaga daerah kewanitaan...

    BalasHapus
  33. Iya stres juga berpengaruh ya terhadap kondisi kewanitaan kita makanya usahakan rileks dan nggak banyak pikiran ya, terutama rajin ganti pakaian dalam dan pembalut saat mens..

    BalasHapus
  34. Wah ternyata stress memicu gatal di daerah kewanitaan ya. Aku mau coba betadine ini juga deh, soalnya selama ini cuma pake air aja

    BalasHapus
  35. perlu dicoba nih, walau aku sudah selesai menstruasi tapi tetep harus menjaga masalah kewanitaan ini, biar tetap sehat ya, Mbak.. Sepertinya cocok banget nih pakai pembersih wanita Betadine. Terima kasih informasinya..

    BalasHapus
  36. Saya menggunakan betadine juga untuk membersihkan daerah V ini, udah cocok sejak dulu pake ini. Pernah ganti tapi kurang enak, hehe.

    BalasHapus
  37. Huhu permasalahan di area V itu tricky banget mbaa Uniek. Aku pernah ngerasain gatal dan itu ternyata dari aku stress hebat waktu awal-awal tahun kemarin

    BalasHapus